Follow Me

Minggu, 18 Maret 2012

#NoComplaintWeek Day 7


18 Maret 2012. Ahh.. Hari terakhir. Tujuh hari rasanya cepat berlalu yah. Teringat hari pertama ikutan #NoComplaintWeek. Ada yang ngejek, ada juga yang mendukung. Bahkan dipertengahan minggu pun masih ada yang ngeremehin. Tapi seneng deh bisa bertahan. Agak menyesal juga sih umbar-umbar kalo ikutan #NoComplaintWeek. Kalo ga ada yang tahu, pasti godaannya lebih gede. XD
Hari ini, setelah 7 hari menahan napsu untuk mengeluh, cobaan untuk mengeluh rasanya mulai terasa lagi. Tapi berhubung sudah ‘terlatih’ untuk menahan, semuanya bisa dilawan dengan senyuman. Mulai bisa mengabaikan hal-hal sepele yang bisa menjerumuskan ke jurang per-keluh-an. (halahh..bahasa apaan tuh?! XD ).  
                Tujuh hari komitmen sudah berlalu. Besok tidak ada lagi hastag #NoComplaintWeek di status BBM. Tidak ada lagi #NoComplaintWeek  wara-wiri di timeline. Tapi apakah itu artinya sudah berakhir ? Tentu saja tidak ! Ini sebenarnya baru permulaan. Permulaan untuk tidak mengeluh selama  41 minggu kedepan. Bahkan untuk seterusnya.
                Sebagai manusia, musatahil rasanya jika tidak pernah mengeluh sama sekali.  Masalah pasti selalu ada, dan mengeluh tidak akan terhindarkan. Tapi perlukah mengeluh untuk hal-hal yang sama sekali sepele ataukah mengeluh untuk hal-hal yang tidak bisa kita ubah ? Macet atau cuaca panas misalnya. Selama seminggu ini saya berusaha untuk menikmati hal-hal sepele yang tidak bisa saya hindari dan keluhan pun bisa saya hindari. Jadi seperti itulah.
                Satu hal yang saya pelajari  sejak dulu adalah, mengeluh hanya membuat kita tampak sebagai orang yang lemah dan tidak tegar. Membuat kita seperti tidak mampu untuk menyelesaikan sesuatu. Saya juga memperhatikan, bahwa orang yang suka mengeluh menjadi pribadi yang tidak menyenangkan (buat saya pribadi sih).
                Tujuh hari # NoComplaintWeek, mengajarkan saya untuk bersyukur dan lebih bersyukur lagi untuk segala sesuatu yang sudah saya peroleh dalam kehidupan saya.  Memahami bahwa apa yang saya alami masih jauh lebih baik dibandingkan orang lain, dan rasanya konyol kalau harus mengeluh.
                Terima kasih untuk Om Hendry Manampiring yang sudah memfasilitasi  #NoComplaintWeek . Seru dan penuh insipirasi. Menyenangkan bisa menelaah hidup dari sisi yang sederhana seperti tidak mengeluh. Yah, seminggu ini adalah pemanasan untuk minggu-minggu berikutnya dan seterusnya, untuk melihat perspektif hidup tidak hanya dari sisi negative, tapi mencoba menemukan sisi positif di balik sisi negative itu.  
                He who avoids complaint he invites happiness ~ Abu Bakr
                Sekian. Selamat berjuang untuk tidak mengeluh. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar