Follow Me

Senin, 12 Maret 2012

First Day of #NoComplaint Week



                12 Maret 2012, hari pertama ikut #NoComplaintWeek nya Om @newsplatter. Dengan status just broke up semalam, rasanya sedikit nekat untuk ikutan #NoComplaintWeek . Bagaimana mungkin perasaan lagi galau (ceileee…XD) bisa tahan untuk tidak mengeluh ???  SEPANJANG MINGGU ??? Tapi begitulah, I’m in !
Baiklah ini dia yang terjadi sepanjang hari ini. Bangun lebih pagi dengan semangat mau jalani #NoComplaintWeek (sampai kebawa mimpi, honestly). Jadi begitulah. Mandi dan berangkat ke kantor. Sepanjang jalan oke, lancar aman terkendali.
                Dua jam pertama sepagian, masih sempat ngetawain orang-orang di kontak BBM yang mulai mengeluh pada pukul 08.00 !!! Masih sempat ngetawain loh. Sempat update twitter, dan diketawain om @newsplatter gara-gara terlalu semangat pagi-pagi. Hihihi.. Setelah itu, back to work, ngerjain kerjaan harian. Sampai pukul 10.00 masih terbilang lancer. Masih bisa senyam-senyum.
                And the story goes…  Anyway, saya adalah seorang Pegawai Negeri  Sipil unyu berumur 23 tahun yang bekerja di sebuah Rumah Sakit Pemerintah Daerah.Kerjaan saya sebagai petugas sensus harian pasien, yang artinya ngumpulin sensus dari ruang perawatan untuk selanjutnya direkap. Nah, disinilah tantangannya. Berhubung saya masih muda belia (uhukk..) dan masih newbie megang kerjaan ini, jadi ada ajah tantangannya. Mulai dari perawat yang judes, perawat yang cuek, atau perawat yang pura-pura ga tau kalo ditanyain sensus. Dan inilah yang menguji kesabaran. Hari ini niatnya mau ngambil sensus di tiga ruangan, Paviliun Kenanga, Paviliun Seroja, dan ICVCU.
                Ruangan pertama sensus belum dibuat. Niat hati mau laporan ke kepala ruangan, ehh malah dicuekin. Hati masih sabar. Masih bisa senyam-senyum sambil  jalan keluar. Next ruangan kedua, sensusnya juga belum ada, alasannya hilang, padahal hilangnya sudah dua hari yang lalu. Okeh, masih sabar, masih bisa nanana. Ruangan ketiga. NAH!!! Ini dia !! Begitu masuk kepala ruangannya udah judes. Marah-marah ga jelas katanya saya ga sopan lah, ga permisi-permisi masuk ruangan. Lah ! biasanya emang gitu kok. Tapi teteup, Kepala Ruangan mengomel, pegawai cakep nan unyu tetap berlalu J)) .
                Begitu balik ke ruangan disinilah setan-setan penggoda buat mengeluh mulai bekerja. Begitu ketemu teman seperjuangan, lidah mulai gatal buat ngeluh. Tapi suara malaikat anti ngeluh kayanya lebih kenceng. So, masih bisa nahan lidah (dan hati) buat ngeluh. Tapiiiii…. Ternyata si teman perjuangan ini juga “dipake” sama si setan penggoda mengeluh. Datang-datang dia ngeluh kerjaannya ga beres. Nyuruh saya buat nanya ke kepala seksi buat beresin kerjaannya. Padahal bisa ajah dia ngerjain sendiri. Mulai deh, gigit-gigit kepalan tangan.  Si teman curhat (baca : ngeluh), jadi kepengen ikutan “curhat” soal kejadian tadi. Brrr… tapi masih tahan.
                Dan waktu terus berlalu. Agak siangan, laporan bulanan mulai ikut-ikutan. Daannn… jengjeng!!! Keluhan pertama !! “Aduuhhhh… kenapa begini  !!!”  Jadi hari pertama sudah mengeluh. Dengan suara keras pula :’( .
                Pukul 14.00 balik ke rumah. (rumah sakit 6 hari kerja, jadi jam 2 udah pulang). Lucky me, di luar sana cuaca mendung, ga panas kaya biasanya. Dan berhubung saya tinggal di kota kecil, ga kenal macet. Cuaca adem, jalanan lancer, ga ada yang ugal-ugalan di jalan raya, ga ada alas an untuk ngeluh. Tiba di rumah tiba-tiba kepala sakit gara-gara telat makan. Dan keluhan kedua pun keluar. Kepalaku sakit ! Walaupun ga ada yang dengar, tapi tetap berasa mengeluh.
                Dan keluhan terakhir, tweet yang tanpa sadar ternyata adalah keluhan. Komik favorit bakal terbit. Tapi berhubung di kota kecil jadi mesti nunggu sebulan untuk masuk ke toko buku sini. Dan “hiks” pun sebagai penanda keluhan saya yang ketiga hari ini.
                Jadi, itulah hari pertama saya untuk #NoComplaintWeek. Saya mengeluh (yang sadar dan ingat) sebanyak tiga kali hari ini. Gagal ? Rasanya sih tidak yah ?? Yang penting usaha buat nahan diri (susaahhh loohh!!!!).  Saya masih bersyukur kalo saya tidak sedang tinggal di kota besar yang pasti penuh dengan kompleksitas yang sangat mengundang untuk mengeluh.
                Yah, saya mulai belajar untuk berkomitmen terhadap sesuatu  lewat ##NoComplaintWeek ini. Belajar sabar juga. Jadi, my day wasn’t bad at all. Sekian untuk hari ini. Sampai ketemu besok. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar